-->

Cara mengolah lahan agar tanaman dapat tumbuh optimal dan menghasilkan panen maksimal




Cara mengolah lahan agar tanaman dapat tumbuh optimal dan menghasilkan panen maksimal
Lahan agriusaha



Pengolahan lahan dilakukan untuk memperbaiki dan mengembalikan struktur tanah yang telah berubah agar kembali sesuai dengan kebutuhan tanaman untuk dapat tumbuh secara optimal.

Selain untuk mengembalikan struktur tanah, pengolahan lahan juga berfungsi untuk menyuburkan tanah dan mensterilisasi tanah yang bersifat asam dan juga yang terinfeksi virus dan jamur.

Pengolahan lahan juga dapat mempermudah akar  tanaman berkembang didalam tanah .

Biasanya pengolahan lahan dilakukan pada lahan yang memang kurang produktif untuk ditumbuhi tanaman. Misalkan tanah keras, tidak subur ataupun tanah yang sebelumnya telah ditanami tanaman namun  tidak dapat tumbuh secara optimal bahkan terinfeksi virus dan penyakit.

Untuk mengatasi hal tersebut Lakukan pembajakan tanah menggunakan traktor atau pun mesin rotary agar mendapat hasil bajak yang maksimal , hal ini bertujuan untuk menggemburkan tanah yang keras agar akar tanaman dapat masuk jauh kedalam tanah untuk menyerap air dan unsur-unsur hara yang terdapat didalam tanah.


Setelah melakukan pembajakan tanah ,taburi tanah menggunakan pupuk kandang, gunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam karna pupuk dari kotoran ayam memiliki kualitas yang lebih bagus dari pupuk kandang lainnya.

 Pupuk kandang yang berasal dari kotoran ayam memiliki kandungan nitrogen, phospor yang sangat tinggi. Selain itu kandungan nitrogen dalam kotoran ayam juga mudah diserap oleh tanaman sehingga reaksinya pada tanaman akan segera terlihat.Nitrogen membatu tanaman agar tumbuh secara maksimal.

Namun perlu diperhatikan kotoran ayam dapat menghasilkan gas amonia yang sangat pekat dan  bersifat panas . Hal ini dapat menyebabkan tanaman yang baru ditanam mati . Untuk mencegah hal tersebut tebar kotoran ayam minimal 1 minggu sebelum melakukan penanaman lahan.

Setelah menaburi tanah dengan pupuk kandang, selanjutnya lakukan penaburan kapur di atas tanah , tujuannya untuk mensterilisasi tanah yang bersifat asam dan juga dari virus dan jamur .

Dengan cara diatas , kita dapat mengembalikan kondisi fisik tanah yang keras, tandus, dan juga tidak steril menjadi seperti semula. Hal tersebut dapat membantu kita dalam mengoptimalkan pertumbuhan tanaman yang kita tanam menjadi lebih maksimal.

 Selain tanah kembali menjadi subur karena pupuk kandang yang kita tebar , tanah juga kembali steril sehingga pertumbuhan tanaman tidak akan terganggu oleh virus dan jamur .hal ini dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman juga dapat meningkatkan potensi hasil yang diperoleh.

Karna jika tanaman tumbuh dengan baik dan maksimal maka hasil yang akan kita peroleh dari tanaman akan maksimal pula.

0 Response to "Cara mengolah lahan agar tanaman dapat tumbuh optimal dan menghasilkan panen maksimal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel