-->

Hal yang harus kita lakukan untuk mengurangi penyakit pada peternakan ayam setelah panen



Penyakit pada ayam


Setelah panen, pastilah kandang yang kita gunakan untuk beternak ayam dari saat ayam masih kecil hingga panen sangatlah kotor dan perlu dibersihkan.

Tak lepas dari itu. Selain kotoran ayam dan sarang laba - laba kandang juga perlu disterilisasi ulang untuk menghilangkan virus dan penyakit sebelum kandang beroperasi lagi.

Tujuanya adalah untuk menjaga kondisi kesehatan ayam di masa pemeliharaan selanjutnya agar tidak tertular penyakit pada periode sebelumnya.

 Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan setelah panen ayam selesai :


1.Pembersihan Peralatan Kandang


Bersihkan wadah  pakan dan minum
Setelah panen, Bersihkan wadah pakan dan air minum ayam dengan dicuci di luar kandang menggunakan detergen .setelah dicuci kemudian rendam wadah pakan dan minum menggunakan cairan desinfektan selama beberapa saat.


Bersihkan Penampungan dan saluran air

Selanjutnya bersihkan penampungan air , pipa dan selang yang terhubung dengan tempat minum ayam.

Caranya adalah dengan menutup selang agar air tidak mengalir  lalu mengisi penampungan air dan mencampur larutan asam sitrat  sebanyak 300 gr/1000 lt air, Atau dengan bahan lain yang bersifat asam dan diamkan selama 12 jam. Setelah itu buang air larutan dan isi penampungan dengan air biasa.

Hal ini bertujuan untuk  melepas kerak di dalam penampungan air, pipa dan juga selang.

Bersihkan Tirai kandang

Jangan lupa lepas tirai yang terpasang di kandang. Kemudian bersihkan dengan cara dicuci di air mengalir seperti sungai , setelah bersih kemudian direndam dalam larutan desinfektan , atau dengan cara paling mudah yaitu disemprot menggunakan mesin steam dengan air yang sudah diberi desinfektan.

2.Pembersihan kandang

Setelah kandang kosong, bersihkan kotoran dan sarang laba- laba kemudian buang di tempat yang jauh dari kandang.

Bersihkan juga lantai dan dinding kandang dengan menggunakan air yang telah diberi desinfektan menggunakan mesin steam.

Setelah kandang bersih lakukan penyiraman lantai dan dinding kandang menggunakan larutan gamping (“kapur”) dengan formulasi 1 kg kapur untuk 10m2 lantai.

Lalu pasang tirai kandang dan peralatan kandang yang sudah bersih. Kemudian lakukan desinfeksi terakhir dengan menyemprot peralatan kandang yang telah terpasang dan juga kandang yang bersih menggunakan larutan formalin 2% lalu diamkan kandang selama 14 hari.

Cara diatas adalah cara yang dapat digunakan untuk mensterilisasi kandang dari virus dan penyakit  yang menginfeksi ayam yang kita pelihara pada periode sebelumnya.

walaupun tidak 100% tapi cara ini dapat mengurangi resiko untuk ayam yang akan kita pelihara di kemudian hari. Selamat mencoba...




0 Response to "Hal yang harus kita lakukan untuk mengurangi penyakit pada peternakan ayam setelah panen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel