-->

Cara Untung menanam jagung !



PERSIAPAN BENIH

Sebelum melakukan penanaman jagung, terlebih dahulu tentukan kualitas benih jagung yang akan ditanam.

Anda dapat menggunakan benih jagung buatan sendiri (lokal) maupun buatan pabrik (hibrida).

Jika anda menggunakan benih jagung buatan sendiri (lokal) . Lakukan terlebih dahulu perlakuan benih dengan menambahkan fungisida dan juga insektisida sebelum  dilakukan penanaman.

PERSIAPAN LAHAN

Lakukan dulu persiapan lahan terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut :

a. Terlebih dahulu lahan dibajak sedalam 15-20 Cm.kemudian diratakan menggunakan cangkul ataupun garu agar struktur tanah menjadi gembur .lalu tebari lahan dengan pupuk kandang atau kompos sebanyak 5ton /ha.

b.Lakukan penyemprotan herbisida untuk membasmi gulma dan sisa-  sisa tanaman.

PENANAMAN

Setelah benih dan lahan siap , Selanjutnya yaitu penanaman benih jagung. Sebelum menanam terlebih dahulu lahan ditunggal dan buat jarak tanam 75 X 20 Cm atau 70 X 20 Cm. Isi lubang dengan maximal 2 benih jagung per lubang, tutuplah lubang dengan tanah ataupun pupuk kandang yang telah matang.

PEMUPUKAN

Pemupukan tanaman jagung dilakukan sebanyak 2X pemupukan hingga tanaman jagung dapat dipanen yaitu saat tanaman berusia 25 dan 60 hari .

Pemupukan tanaman jagung menggunakan pupuk yang mengandung 60% nitrogen dan dan juga pupuk dengan komposisi  N:15 P:15 K:15 sebanyak 200kg/h.

Gunakan juga pupuk kompos yaitu kontoran ayam agar tanaman jagung dapat tumbuh tinggi dan memiliki tongkol panjang. Penggunaan pupuk kompos sesuai dengan kebutuhan atau mininal 100 sak kotoran ayam per ha.

PENYIANAGAN

Jika terdapat rumput atau gulma yang mulai tumbuh lakukan penyemprotan menggunakan herbisida yang mengandung prakuatdiklorida ( herbisida daun). Atau dapat juga menggunakan herbisida selektif  tanaman jagung agar tanaman jagung tidak terpengaruh akibat penggunaan herbisida.

PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT

Tanaman jagung sendiri sebenarnya tidak memiliki banyak resiko terkena hama dan penyakit karena cara budidayanya yang cukup mudah.

Namun terkadang tanaman jagung diserang oleh hama ulat dan juga belalang.

Lakukan penyemprotan pembasmi hama  tersebut sesuai dengan petunjuk penggunaan.

PAMANENAN

Tanaman jagung dapat dipanen setelah berusia 80 hari setelah tanam atau setelah kelobot jagung berwarna kuning dan biji jagung mengeras.

Pemanenan dilakukan dengan cara melepas tongkol dari kelobot jagungnya.



0 Response to "Cara Untung menanam jagung !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel